PPDS 1 Anestesiologi dan Reanimasi

Program studi Pendidikan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Reanimasi FK UGM dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya menyelenggarakan proses pendidikan melalui jenjang pendidikan profesi dengan masa studi 4 tahun atau 8 semester dengan melalui 3 tahapan pendidikan. Ketiga tahapan pendidikan tersebut merupakan rangkaian yang tidak dapat dipisahkan, karena hasil akhir atau output pendidikannya adalah Dokter Spesialis Anestesiologi  yang susai dengan Standar Kompetensi Profesi Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia yang telah ditetapkan oleh Kolegium dan disahkan oleh KKI.

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk meluluskan dokter spesialis anestesi adalah menyelenggarakan pendidikan profesi dokter spesialis berdasarkan kurikulum institusional dan kurikulum nasional yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi berdasarkan KKNI tahun 2011 yang diterapkan pada sistem akreditasi pendidikan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif. Kriteria lulusan harus memiliki Standar Kompetensi Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif yang sudah ditetapkan oleh Kolegium Anestesiologi dan Terapi Intesif dan disahkan oleh KKI. Standar Kompetensi juga tercantum dalam Katalog Kurikulum tahun 2008 yang disempurnakan pada katalog tahun 2014. Pendidikan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif terus ditingkatkan untuk mengikuti perkembangan di tingkat internasional yang meliputi sistem pendidikan, kurikulum, fasilitas sarana – prasarana, rumah sakit pendidikan utama, rumah sakit pendidikan afiliasi dan satelit serta teknologi bidang kedokteran, dengan mengacu pada sistem akreditasi pendidikan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif.

Tujuan Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Reanimasi adalah untuk menghasilkan tenaga Dokter Anestesiologi yang profesional dan berkualitas tinggi yang mampu menerapkan dan memutahirkan ilmu pengetahuan, ketrampilan di bidang Anestesiologi dan Terapi Intensif serta mempunyai budi pekerti yang tinggi, martabat luhur dan mampu menetapkan diri sebagai panutan bagi masyarakat dan organisasi profesinya.

Diharapkan Program Pendidikan Dokter Anestesiologi dan Reaniamsi dapat menjadi suatu program pendidikan spesilisasi yang berkualitas tinggi sehingga mampu menerapkan, mengembangkan, dan menguasai IPTEK Anestesiologi dan Terapi Intensif yang sesuai dengan era globalisasi.